Kanibal Mesin Raider 125

-pengunci cam raider125, 150, dan fxr menggunakan material dural sedangkan satria f menggunakan alumunium untuk mengurangi biaya produksi

-blok silinder sartia f dan raider 150 menggunakan material alumunim (scem) kelebihannya lebih cepat membuang panas tapi tidak bisa di oversize kecuali dibikin liner baru dari bahan baja. sedangkan raider125 dan fxr masih menggunakan material konvensional baja dengan blok luar dan liner yang terpisah. bisa saling tukar dan kalau satria f mau bore up sebaiknya make blok raider125 soalnya lebih tebal. dan kalau maksain make blok satria f sebenernya gak guna juga soalnya scemnya bakal dibuang dan dibikin liner baru dari baja, malah lebih tipis dan rentan banget bobor paking atas.

-di atas silinder head raider125 dan 150 tedapat pengurang emisi, sedangkan fxr gak ada, seperti fx125

-rantai keteng raider150 dan satria f menggunakan lapis 2 dan 3, sedangkan raider 125 dan fxr lapis 3 dan 4, jadi kalau masalah awet dan gak berisik bisa pake keteng raider125 sedangkan kalau mau ringan bisa pake yang fu150 tapi rentan berisik. oh iya kalau mau tukeran keteng disarankan tuker sama gear ketengnya juga yang di cam sama magnet.

-rasio gearbox raider125 5 speed dengan karakter panjang, fu150 6speed dengan close ratio, dan fxr 6speed close di awal dan panjang di gigi atas.

-kompresi raider125 dan 150 adalah 10,2:1, sedangkan fxr 10,9:1

-konsumsi bensin raider125 bisa mencapai 50km:1L pada pemakaian normal keluar kota dan 35km:1L pada pemakaian brutal rpm tinggi terus di dalam kota.
sedangkan fu150 40km:1L pada pemakaian normal luar kota dan 25km:1L pada pemakaian brutal digeber terus di dalam kota.
kalau fxr belum tau soalnya gak pernah make dalam jangka waktu lama, heheh

-berat fxr sekitar 120kg, raider125 105kg, dan fu150 95kg. dan dari yang gw rasain pas kecepatan diatas 100kmh rada nikung dikit kena sambungan jembatan, fu150 sedikit goyong sedangkan raider125 tetep stabil soalnya lebih berat

-camsaft fu125, 150, dan fxr memiliki durasi yang beda tapi raider150 dan satria f identik.

-klep raider 125 identik dengan fxr sedangkan fu150 lebih tipis bagian batang deket payung. flow udara bagusan fu150 tapi kekuatan dan keawetan bagusan punya raider dan fxr. bisa saling tukar tanpa ganti apa2 lagi, harganya juga gak beda jauh.

-soal top speed satria f dan raider 125 gak beda jauh cuma beda 5kmh tapi akselerasi lebih cepet fu150 soalnya 6gigi pendek dan 150cc, sedangkan raider125 5gigi panjang. tapi raider125 masih diatas bebek2 125cc lain, bahkan mx, yang bisa nyamain cuma sonic soalnya sonic senjatanya 2 klep gede sedangkan raider 4 klep kecil2 DOHC, cuma biasanya yang punya gak bisa rawat mesin jadi tenaganya drop. kalau fxr belum pernah nyoba nyiksa mesin sampe maksimal soalnya gak punya, heheh.

-soal torsi dan kemampuan di tanjakan curam ternyata hasil ketiganya seimbang, dites di jalanan dago tembus lembang, bandung.

intinya mesin raider125, 150, satria f, dan fxr emang identik tapi punya perbedaan detail2 kecil dan banyak bagian yang bisa saling tukar dengan atau tanpa penyesuaian.

oh iya raider125 tinggal ganti blok make satria f dan pistonnya jadi 150cc bisa lebih kenceng dari satria f walaupun cuma 5 gigi. beda karakter cam sama cdi nya soalnya.
semoga infonya bisa membantu raider rider dan yang tertarik beli raider125.
oh iya satu lagi kelebihan raider125: limited edition, jarang dijalan dan gak pasaran, menyenangkan hehe

sumber: agan artcrime di kaskus http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000104661991/13/